web stats

Menang 5-1, The Citizens ke Puncak Klasemen


Manchester

Manchester City melibas Luton Town 5-1 dalam lanjutan Liga Inggris. Kemenangan ini membawa The Citizens naik ke puncak klasemen sementara.

Bermain di Stadion Etihad, Sabtu (13/4/2024), lima gol City dicetak oleh bunuh diri Daiki Hashioka di menit ke-2, tembakan voli Mateo Kovacic (64′), penalti Erling Haaland (76′), Jeremy Doku di menit ke-87, dan Josko Gvardiol di injury time babak kedua.

Tim tamu hanya mampu membalas lewat Ross Barkley di menit ke-81. Tambahan tiga poin membawa City naik ke urutan satu dengan 73 poin dari 32 laga, unggul dua poin dan Arsenal dan Liverpool yang baru bertanding pada Minggu (14/4). Luton ada di urutan 18 dengan 25 poin dari 33 laga.

Jalannya pertandingan

Tuan rumah sudah memimpin 1-0 saat laga baru berjalan 66 detik. Berawal dari tembakan Jeremy Doku yang bisa diblok Alfie Doughty, bola liar mengarah ke Erling Haaland yang langsung melepaskan tembakan voli.

Tembakan striker Norwegia itu sebetulnya tidak tepat sasaran, namun bola mengenai wajah Daiki Hashioka dan bergerak masuk ke gawang Luton yang dijaga Thomas Kaminski.

City nyaris menggandakan keunggulan di menit ke-9, tapi tembakan jarak jauh Josko Gvardiol berhasil digagalkan Kaminski. Lima menit berselang, giliran tembakan kaki kiri Matheus Nunes dari dalam kotak penalti yang berhasil dihalau kiper asal Belgia itu.

City tak berhenti menggempur Luton. Kevin De Bruyne juga memperoleh kans di menit ke-22, namun tembakan jarak jauhnya mudah diamankan Kaminski. Percobaan serupa dari Ruben Dias di menit ke-26 juga bernasib sama.

Nyaris! Nunes mendapat peluang emas di menit ke-27, tetapi tembakan jarak dekatnya menerpa tiang gawang. Menit ke-45, tembakan melengkung De Bruyne usai menerima umpan Doku berhasil ditepis Kaminski.

City melepaskan total 18 tembakan di babak pertama, enam mengarah ke gawang. Sedangkan sang lawan nihil. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, City berhasil menambah gol di menit ke-64. Lewat situasi sepak pojok, umpan Julian Alvarez kepada Mateo Kovacic dituntaskan gelandang Kroasia itu dengan tembakan voli yang bersarang telak di sudut kanan gawang Kaminski.

Luton tak mau diam saja. Mereka nyaris memperkecil jarak pada menit ke-66, namun tembakan Cauley Woodrow membentur tiang gawang.

Justru City yang berhasil menambah gol di menit ke- ke-76. Pelanggaran yang dilakukan Fred Onyedinma terhadap Doku di kotak penalti membuat wasit menunjuk titik putih. Haaland yang maju sebagai penendang sukses mengecoh Kaminski.

Upaya Luton mencetak gol baru berhasil di menit ke-81. Ross Barkley merebut bola dari Nunes, lalu menggiring bola ke kotak penalti dan mengecoh Dias sebelum melepaskan tembakan yang membobol gawang Ederson.

Namun City segera mengubur harapan Luton untuk bangkit dengan mencetak gol keempat di menit ke-87. Doku melakukan cut-inside dari sisi kiri usai menerima umpan Gvardiol lalu melepaskan tembakan ke sudut kanan gawang tanpa bisa dibendung Kaminski.

Di injury time, gantian Doku yang memberi asis untuk Gvardiol demi mencetak gol kelima. Usai menusuk dari sisi kiri, Doku memilih mengumpan kepada Gvardiol yang berdiri bebas. Bek Kroasia itu melepaskan tembakan lambung ke sudut kiri gawang Luton. Skor 5-1 bertahan hingga usai.

Susunan pemain

Manchester City: Ederson, Rico Lewis, Ruben Dias, Manuel Akanji, Josko Gvardiol, Mateo Kovacic, Matheus Nunes, Julian Alvarez, Kevin De Bruyne (Sergio Gomez 81′), Jeremy Doku, Erling Haaland (Oscar Bobb 81′).

Luton Town: Thomas Kaminski, Alfie Doughty, Daiki Hashioka, Reece Burke, Luke Berry (Pelly Ruddock 77′), Ross Barkley, Jordan Clark (Joe Johnson 89′), Fred Onyedinma (Zack Nelson 88′), Tahith Chong, Andros Townsend (Cauley Woodrow 59′), Carlton Morris.

(adp/ran)

Sumber: https://sport.detik.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top