Sepak Bola dan PNS, Inilah 5 ‘Pemain’ Beruntung yang Kini Menjadi Aparatur Sipil Negara

Info Seputar Sepakbola Kediri Raya | Persik.co.id

Sepak Bola dan PNS, Inilah 5 ‘Pemain’ Beruntung yang Kini Menjadi Aparatur Sipil Negara

PERSIK.CO.ID – Pegawai negeri sipil (PNS) dan olahraga bisa dikatakan mempunyai hubungan erat satu sama lain. Alasannya adalah banyak para pensiunan atlet yang mengisi waktu tuanya dengan bekerja menjadi Aparatur Sipil Negara. Bahkan tak jarang PNS, juga acap kali dijadikan bonus para atlet yang sukses raih prestasi. Contohnya adalah para atlet peraih medali di Asean Games 2018 lalu.

Baca Juga : Mantan Pemain Persik Kediri Terjun di Dunia Politik, Rela Lepas Kesempatan Jadi Pelatih Kepala

Masih terkait hal tersebut, ternyata beberapa mantan pesepakbola juga lumayan banyak yang terjun kepekerjaan tersebut. Pada umumnya mereka bisa masuk jadi PNS, lantaran capaian prestasi bagus ketika masih aktif di lapangan hijau. Siapa sajakah mereka yang berutung bisa menjabat di posisi tersebut? Mari bersama temukan jawabannya di ulasannya berikut ini. Let’s go.

Mantan penyerang kaki kidal Timnas Zaenal Arif

Sebagai penyerang, tentu Zaenal Arif bukanlah penyerang yang bisa dipandang remeh. Selain langganan masuk Timnas, mantan pemain Persib Bandung adalah sosok yang punya kemampuan ciamik di lapangan. Tercatat selama berkarier di sepak bola Indonesia, ia telah mengoleksi 91 gol. Masih terkait kariernya, kini pesepakbola berkaki kidal itu melanjutkan pekerjaan sebagai Aparatur Sipil Negara. Dari penelusuran penulis, Arif saat ini menjadi PNS di Dinas Pendapatan Daerah Kota Bandung. Di sana Zaenal kerap lakukan tugas mensosialisasikan pajak ke masyarakat.

Pencetak gol terbanyak Tiger 2004 Ilham Jaya Kesuma

Seperti ikuti jejak Zaenal Arif, Ilham Jaya Kesuma juga kini menjadi mantan pemain mempunyai profesi sebagai Pegawai Negeri Sipil. Kalau Arif di Dinas daerah Bandung, penyerang yang kini berusia 40 tahun tersebut, berada di Pemkab Tangerang di Dinas Cipta Karya. Sebagai pemain depan Ilham bisa dibilang bukan striker yang sembarangan. Hal ini dibuktikan dengan prestasinya yang sempat menjadi top skor di Piala Tiger 2004 dengan torehan 7 golnya. Kala itu, duetnya bersama Boaz membuat tampil perkasa hingga mampu tembus partai final ajang tersebut.

Gendut Doni mantan penyerang handal jadi PNS

Selain nama-nama tadi mantan penyerang Timnas Gendut Doni kini juga jalani profesi sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil. Doni sendiri berdinas di di Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag). Meski sempat canggung sebagai pegawai kantoran, namun mantan penyerang Timnas ini sempat mengaku pada Kumparan.com pada 2017 kalau sekarang sudah enjoy menjalani pekerjaan tersebut. Dalam sejarahnya Gendut Doni adalah salah satu pemain depan tanah air yang mampu mencicipi gelar top skor di kompetisi sepak bola Asia Tenggara yang kini bernama AFF Suzuki Cup. Tercatat, selama berkulit dengan si kulit bundar ia telah melanglang ke 12 klub tanah air.

Pemain terbaik Indonesia 2003 Musikan juga jadi aparatur sipil negara

Musikan mungkin bagi pencinta sepak bola generasi saat ini namanya masih sangat asing di telinga. Meski begitu, sebagai mantan pemain, ia adalah predator depan gawang yang tangguh. Bahkan menjadi salah satu kunci sukses Persik Kediri merebut title Divisi Utama tahun 2003. Kala itu, pria asal Kediri ini juga menjadi pemain terbaiknya. Ngomong-ngomong soal Musikan, kariernya kini dilanjutkan dengan tergabung menjadi seorang PNS. Dilansir Bola.com, pria bertubuh besar itu saat ini berdinas di Dinas Pekerjaan Umum Pemkot Kediri.

Baca Juga : Didominasi Pemain Asing, Inilah 5 Striker Timnas Indonesia Paling Produktif Sepanjang Masa

Legenda hidup Persipura Boaz Solossa

Nama lain yang juga menjadi seorang Aparatur Sipil Negara adalah Boaz Solossa. Di tengah aktivitasnya menjadi bagian Persipura Jayapura di kompetisi sepak bola nasional, pesepakbola 32 tahun ini kini juga jalani tugas sebagai PNS di Kantor Otonomi Daerah Provinsi Papua. Usut punya usut pekerjaan tersebut bukanlah hal baru untuknya. Pasalnya, memang sudah sejak kecil hidup di lingkungan PNS. Dilansir dari Bola.com, Keluarga besar Boaz Solossa rata-rata menjadi PNS, di berbagai instansi pemerintahan di Papua. Salah satu contohnya, adalah almarhum pamannya yang sempat jadi Gubernur Papua priode 2000-2005.

Apa yang kalian lihat dari nama-nama tadi adalah sebaik kecil saja pesepakbola menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil. Selain mereka masih ada Ricardo Salampessy, Cecep mantan kiper Persib, Okto Maniani, dan masih banyak lagi. Terlepas dari hal tersebut, mereka-mereka tersebut menjadi bukti kalau banyak pesepakbola memilih pekerjaan tersebut setelah gantung sepatu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: